02 Januari 2012

Absorpsi

Makanan yang masuk di dalam saluran pencernaan akan diserap kandungan nutisinya. Nutrisi di serap dengan 3 cara, antara lain:
  • Absorpsi pasif
  • Absorpsi pasif terjadi bila zat gizi diabsorpsi tanpa menggunakan alat angkut (carrier) atau energi. Hal ini terjadi bila konsentrasi zat gizi di dalam saluran cerna lebih tinggi daripada sel yang mengabsorpsi. Perbedaan konsentrasi ini yang mendorong absorpsi pasif melalui membran sel yang dapat menyerap zat gizi tersebut. Proses absorpsi pasif ini sama dengan osmosis biasa. Hanya sebagian kecil gizi diabsorpsi secara pasif, yaitu air dan beberapa mineral.
  • Absorpsi fasilitatif 
  • Absorpsi fasilitatif menggunakan alat angkut protein untuk memindahkan zat gizi dari saluran cerna ke sel yang mengabsorpsi. Absorpsi fasilitatif tidak membutuhkan energi. Di sini absorpsi juga terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi. Absorpsi fasilitatif dilakukan pada fruktosa. 
     
  • Absorpsi aktif
  • Absorpsi aktif menggunakan alat angkut protien dan energi. Glukosa, galaktosa, asam amino, kalium, magnesium, fosfat, iodida, kalsium, dan zat besi diabsorpsi secara aktif. Beberapa zat gizi mungkin menggunakan alat angkut yang sama, sehingga berkompetisi untuk diabsorpsi. Sebagai sumber energi adalah Adenin Trifosfat(ATP). Energi dapat secara aktif memompakan senyawa bersangkutan ke dalam vili sehingga dapat memindahkan larutan berkonsentrasi rendah ke larutan berkonsentrasi tinggi. Transportasi aktif di samping itu membutuhkan pompa natrium. Contoh alat angkut untuk besi adalah protein tranferin dan untuk vitamin A protein pengikat retinol (Retinol Binding Protein).
     
  • Fagositosis atau pimositosis
  • Absorpsi dilakukan dimana sel sel eptel menelan zat-zat yang akan diabsorpsi. Dengan cara ini dapat diabsorpsi butiran besar. Hal ini yang mungkin menyebabkan alergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih. Semoga Berkunjung Kembali.

Silahkan Kirim Saran dan Kritik Ke melatimenguning@yahoo.com
Informasi iklan untuk alamat yang sama
Teks 30rb/bulan
Gambar 45rb/bulan