05 Januari 2012

Siklus Pertumbuhan Rambut



1. Masa Anagen (Tumbuh)
Rambut tumbuh karena bertambah banyaknya sel-sel umbi  rambut secara mitosis, lamanya 1000 hari dan berlangsung  sekitar 2-6 tahun.


2. Masa Katagen (Istirahat)
Selaput dan jaringan ikat sekitar kandung rambut di daerah umbi rambut menebal, papil rambut mengeriput, sehingga umbi rambut tidak lagi, bagian terdalam akar rambut membulat sebagai gada. Rambut demikian disebut Clubbed hair, Clubbed hair tidak  segera rontok, karena masih ditetapkan didalam kandung rambut oleh ujungnya yang membulat secara melebar. Secara lambat  laun rambut-rambut demikian terdorong ke atas dan akhirnya rontok. Lamanya masa ini kurang lebih 100 hari.

3. Masa Telogen (Rontok).
Papil Rambut yang mengeriput selama masa katagen akan berkembang kembali. Umbi rambut baru terbentuk sekeliling papil rambut ini dan rambut baru tumbuh dibawah Clubbed hair, yang kemudian didorong keluar. Lamanya masa ini adalah 2-3 minggu.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan dan Pertumbuhan rambut antara lain :
a.)    Kelembaban  udara akan lebih menghasilkan gelombang asli pada rambut.
b.)    Udara dan iklim dingin menyebabkan rambut memendek dan menyusut.
c.)    Udara dan iklim panas akan menyebabkan rambut mengembang dan menyerap uap air, rambut  lebih cepat panjang.

Pertumbuhan rambut kepala pada orang Dewasa, tidak lebih dari 0,3 mm dalam 24 jam, kecepatan pertumbuhan dan kwalitas rambut yang tumbuh dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, Ras, kondisi kesehatan, makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup. Pada siang hari rambut tumbuh lebih cepat dibanding pada malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih. Semoga Berkunjung Kembali.

Silahkan Kirim Saran dan Kritik Ke melatimenguning@yahoo.com
Informasi iklan untuk alamat yang sama
Teks 30rb/bulan
Gambar 45rb/bulan